Health,  Life,  Review

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental

source pic by : naturallivinginsidenout

Jujur dulu aku pas masih mudaan (umur sebelum menginjak diatas 25 tahun), saat mengalami sakit kepala, sakit perut, atau kecapekan aku anggep itu biasa saja, like bodo amad.. paling cuma karena stress ngerjain tumpukan kerjaan dari boss, atau karena kepanasan. Tapi setelah mau menginjak ke umur 30 tahun, frekuensi sakit kepala, bahu tegang, kram, dan jantung berdebar lebih sering aku rasakan, serta badan lebih mudah terasa capek, rentan emosi, terutama setelah habis pulang dari kantor, atau sekedar menghadiri acara kondangan. Ternyata, setelah aku telusuri, hal tsb sangat berkaitan dengan kesehatan mental aku. Nah terus gimana dong cara kita mengatasinya ? yang penasaran yuk mari kita intip.

Ubah Mindset

Mau gimana namanya juga manusia, pasti setiap hari mengalami beragam macam hal yang bisa mempengaruh kondisi fisik ataupun mental kita, baik suka ataupun duka, entah mendadak mendapat ujian, cibiran, teguran, omelan, ceramah, baik itu dari atasan, teman, atau pun dari keluarga terdekat sendiri, apalagi ditengah wabah pandemik corona, kelesuan ekonomi, huru-hara yang terjadi, diam dirumah terus, tidak bisa jalan-jalan, tentunya kondisi tsb bisa mempengaruhi kesehatan mental diri kita. Biasanya tanda-tanda kesehatan mental kita lagi terganggu adalah gampang capek, sering sakit kepala, sakit perut, jantung berdebar, dadakan kram entah di perut/kaki, selalu berasa lelah dan capek meskipun sudah dapat tidur, nah itu tandanya kesehatan mental kita sedang tidak sehat. Biasanya di saat mood lagi hancur, hal yang pertama harus kita lakukan adalah mengubah mindset yaitu selalu berpikir positive di segala aspek yang terjadi di hidup kita. Jujur hal ini merupakan hal yang paling susah yang aku rasain, di saat semua orang disekeliling kita bersikap negative namun kita harus tetap positive memang tidak mudah, cuma 1 hal yang wajib kita tahu adalah ” You’re the one who can control anything inside you,”.

Kita memang tidak bisa mengontrol apa yang terjadi dari luar diri kita, namun yang bisa mengontrol diri kita ya, dari dalam diri kita sendiri, mengubah mindset, cara berpikir kita dalam melihat sesuatu adalah salah satu cara yang paling ampuh aku rasakan untuk menjaga kesehatan mental aku tetap ‘waras’ atau bahasa kerennya sih ‘stay positive vibe’. Di saat mood lagi gak karuan, selain mendapat tidur yang cukup, mendengar musik, berwudhu lalu membaca Al-Qur’an, atau nonton film atau video yang lucu, bisa memperbaiki mood mental yang tidak berasa karuan berangsur-angsur menjadi lebih baik, tapi namanya juga manusia makhluk sosial kan kita butuh ‘teman’ curhat, di saat ini nih kita kudu berhati-hati menceritakan curhatan kita, apalagi yang terkait dengan kesehatan mental, karena kalau kita salah pilih ‘teman’ curhat yang ada bukannya jadi happy, malah tambah runyem.

Berkonsultasi dengan ahlinya

 

Tentunya kalau sudah berbicara tentang kesehatan mental ada baiknya kita berkonsultasi dengan tenaga profesional, seperti ke psikolog, cuman kan karena kondisi lagi korona begini, mengingat sekali konsul ke psikolog tidak murah alias kantong lagi bolong, dan kita harus social distancing, konsultasi secara online paling enak, sekarang di halodoc ada namanya fitur chat dengan dokter. Tadinya aku kira rate card mereka mahal banget yang biasanya aku lihat kalau mampir di klinik khusus psikologi, ternyata ratenya tidak seseram yang kubayangkan. Untuk permasalahan yang kita konsulkan macam-macam loh, ada yang spesifik tentang penyakit dalam, gigi, psikologi, umum, dll.

Disini kita bisa pilih bebas sesuai budget kita atau kepinginnya konsul ke dokter yang mana, aku kemarin sempet iseng-iseng nyoba karena ada yang dapet free *random ya kalo yang ini kadang ada kadang engga ada. Aku konsultasi deh apa permasalahan yang aku alami, jujur sih tadinya aku rada feeling skeptis tapi ternyata setelah dapat mengobrol di chat dengan salah satu dokter, aku merasa lumayan terbantu juga dengan renspons mereka yang cepat, berasa punya teman ngobrol yang membantu untuk mencarikan solusinya serta obat atau alternative apa yang bisa aku lakukan untuk membantu keluar dari problema yang aku alami. Aku gak tampilin chatnya kayak gimana karena tentu sifatnya terlalu personal ya untuk dipublikasikan hehe, kalau teman-teman penasaran bisa dicoba sendiri deh, aplikasinya tinggal install di playstore, nanti kita bakal ditanyain apa saja keluhan dan ditelusuri apa saja permasalahan dan problema secara psikis yang kita alami secara detail. Aku termasuk bersyukur dengan kehadiran halodoc, selain aku langganan buat beli obat, ternyata bisa konsul juga ke dokter-dokternya tanpa harus pergi ke rumah sakit terlebih dahulu, kecuali kalau permasalahannya sudah lebih berat ya harus ke rumah sakit.

Baca juga : Online Blood Testing for Vegan

Nah sekian dulu dariku.

Teman-teman juga sudah ada yang pakai Halodoc ?

Share your story ^^ will be really glad to read yours

Thank you for reading

xoxo

21 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *