Jalan-jalan,  Review

PANDUAN PERTAMA KALI DATANG KE THAILAND

source pic : fickr

Hai teman-teman, bagi yang pertama kali merencanakan mau ke Thailand pasti bingung apa saja yang harus dilakukan. Nah sekarang aku mau sharing panduan Langkah Mudah Setelah Tiba di Thailand. Mendatangi negara Thailand memang tidak harus waktu liburan, bisa jadi karena ada urusan pekerjaan atau melanjutkan pendidikan. Kita bisa memilih tiket pesawat murah ke Thailand dari maskapai di Indonesia. Untuk masuk kesana kita setidaknya harus membaca langkah lanjutan setelah turun dari pesawat agar tidak kebingungan ya. Yuk, simak apa saja langkah setelah sampai di Bandara Thailand!

Datang Ke Bagian Imigrasi

source pic : wikipedia

Ketika Anda naik pesawat tujuan Thailand maka akan ada 2 nama Bandara internasional yang bisa Anda singgahi yaitu Bandara Don Mueang dan Bandara Suvarnabhumi. Kedua Bandara itu adalah Bandara internasional yang menjadi tujuan utama dari berbagai negara. Ketika sampai di salah satu Bandara itu, Anda bisa menuju bagian imigrasi untuk mengambil kartu kedatangan (departure card). Kartu itu bisa Anda dapatkan tanpa menunggu lama saat menuju perjalanan ke Thailand. Sesampainya di kantor imigrasi, Anda bisa menyerahkan kartu kedatangan dan paspor kepada petugas. Setelah form di kantor Anda isi maka paspor akan dicap dan menuju ke bagian bagasi (jika membawa barang). 

Mengambil Bagasi 

Setelah Anda selesai melengkapi form dan menuju bagasi, maka semua barang bawaan Anda bisa diambil di bagian luggage belts. Pada bagasi Anda akan diberikan nomor seri pada koper atau tas yang dibawa agar tidak tertukar dengan bagasi pengunjung lainnya. Setelah Anda cek nomor serinya benar dan semua hal telah pasi maka Anda bisa masuk ke kantor Thailand visitor centre. Di kantor itu, Anda bisa bertanya semua hal tentang Thailand dan mendapati jalur perjalanan sesuai budget. Anda tentunya sudah harus tahu ya bagasi yang bleh dibawa saat naik pesawat agar tidak menimbulkan masalah lebih lama di Bandara. 

Mengambil Sarana Transportasi

Setelah Anda tahu sekilas tentang Thailand maka bisa mengambil sarana transportasi seperti Bus, MRT, Taksi, atau kereta. Ada harga untuk beberapa sarana transportasi di atas.

Taksi

Memakai jasa taksi dari Bandara tentunya sangat praktis dan nyaman, Anda bisa ambil ke berbagai jurusan wisata atau tempat penginapan. Untuk harga taksi jika Anda menempuh perjalanan sekitar 1 km adalah sekitar 300 bath atau setara dengan Rp. 137 ribu. Tarif tersebut belum termasuk dalam harga masuk jalan tol. Jika masuk ke tol maka dibebankan Rp. 22 ribu atau 50 bath. 

Kereta Api

Jika Anda turun di Bandara Don Mueang maka bisa merasakan naik kereta api yang jaraknya tidak terlalu jauh. Jika berjalan kaki hanya sekitar 15 menitan saja lho. Kereta yang Anda akan naiki memang sedikit panas dan kurang sehat, tidak ada pendingin ruangan dan tentunya berdesak-desakan. Harga untuk naik ke tujuan tertentu sekitar Rp. 6.000, wow sangat murah sekali ya?

Sayangnya, naik kereta api dari stasiun dekat Bandara ini tidak setiap jam ada. Anda harus menunggu lama sekitar 40 – 1 jam untuk naik ke kereta. Berbeda jika Anda naik bus yang tersedia hampir 30 menit sekali. 

Bus 

Tanpa menunggu lama, Anda bisa naik bus untuk jurusan semua tempat di Thailand hanya di depan pintu kedatangan Bandara. Terminal Mo Chit adalah sebuah terminal bus dengan jangkauan terdekat dari Bandara, Anda cukup membayar sejumlah bath dan mendapatkan tiket yang bentuknya mirip dengan perangk. Di dalam tiket itu ada 2 bahasa yaitu Bahasa Thailand dan Bahasa Inggris. 

Membeli Kartu Telepon Seluler

Komunikasi sangat penting mengingat Anda berada di negara tetangga. Anda bisa membeli kartu seluler layaknya di indonesia. Kartu seluler yang paling laris dan bisa dipakai di semua area adalah kartu yang dikeluarkan oleh PT.DTAC. Harga kartu data sekitar Rp. 91 ribu atau sekitar 200 bath dengan kuota 9 giga. Kuota internet ini bisa dipakai untuk seminggu. Anda yang berbudget ekonomis bisa membeli kuota lainnya yang lebih terjangkau. Harga tiket ke Thailand dari Jakarta bekisar Rp. 1,5 jutaan – Rp. 2,2 jutaan tergantung dari destinasi yang kami pilih misalnya pulau phuket. 

Nahh sekian dariku guys 🙂

Sekarang lagi banyak promo tiket nih, sudah ada rencana kemana saja tahun depan?

Share your story ^^ will be really glad to read yours

Thank you for reading
xoxo

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *