Financial,  Review

Cara membuka rekening saham paling mudah

Hai readers.. sudah berinvestasi apa saja di tahun ini ? bagi teman-teman yang sudah mengenal blog aku, kali ini aku bakal sharing postingan sesi finansial, to my special readers. Postingan ini aku persembahkan untuk kalian sekaligus sebagai postingan terakhir untuk menutup tahun 2019. Bagi readers yang sudah mengenal dunia investasi pastinya tidak asing dengan yang namanya saham, emas, btc, dll. Nah untuk temen-teman yang masih asing, kali ini aku bakalan sharing cara membuka atau membuat rekening saham paling mudah, gak perlu muter-muter nyari info disini aku bakalan buka-bukaan pengalaman aku untuk membuat rekening saham paling easy. Yang kepo bisa langsung intip ya.

Saham, apakah itu ?

Jujur dari akhir tahun 2018, aku sempet kepikiran, selain bitcoin yang sudah pernah aku ketahui sebelumnya, aku penasaran di dunia ini, bagaimana bisa mendapatkan passive income, atau bagi hasil dari perusahaan-perusahaan besar semacam Unilever, Gudang Garam, Susu ULTJ alias Ultra Milk, dll produk yang aku lihat di supermaket pada umumnya, perusahaan sebesar itu pasti mereka memiliki yang namanya ‘investor’ alias penanam modal demi mengembangkan perusahaan dan produk mereka sampai bisa dijangkau di daerah terpelosok. Sampai aku mengenal dengan yang namanya ‘saham’. Tapi setahuku, saat aku bertanya pada orang tua, atau orang-orang sekitarku, mereka tahunya hanya bilang ‘saham itu haram’. Itu seperti berjudi. To be honest, I think that’s not true. Bitcoin pun bisa dibilang berjudi kalau kamu sama sekali tidak tahu apa itu bitcoin, dimana tempat yang legal jika kamu menginginkan untuk meng-investasikan uang kamu ke bitcoin, dan hanya ingin mengejar keuntungan atau balik modal dalam kurun waktu yang singkat bisa dibilang itu gambling. To me.. Bitcoin is just like gold for nerds. Concept nya pun berbeda dengan saham tentunya. Okay.. I’m not going to talk about BTC here.

I also want to explore new things selain BTC. Di saat itu aku  berdoa kepada Tuhan, Ya Rabb.. tolong bukakan jalan menuju kesana, di saat itu aku bertemu dengan akun @jouska @financialku @ngertisaham dan ternyata beberapa temanku sudah ada yang sudah berinvestasi di dalam pasar modal. Di saat itu aku langsung tahu banyaknya sekuritas semacam BNI Sekuritas, BCA Sekuritas, tiap bank memiliki sekuritas sendiri, kalian bisa check, tapi waktu itu hatiku langsung menciut karena saat ingin membuka rekening saham di salah satu sekuritas at least menyetorkan dana sekitar 4-5jtan untuk membuka rekening saham *nantinya bisa ditarik lagi dananya tapi aku belum punya duit sebanyak itu.

Banyak juga aplikasi lain yang menawarkan untuk membuka rekening saham dengan saldo yang lebih minim, cuma aku kepinginnya yang benar-benar langsung aku bisa lihat secara legalitas ada negara yang menaungi perusahaan tsb, dan aku kalo bingung bisa langsung konsul ke ‘manusia’ nya langsung ya, bukan secara ‘online’ saja, di dalam hati aku tahu pasti ada cara yang lebih mudah.

Langsung daftar sekolah pasar modal di IDX

Aku bertanya ke salah satu temanku, dan dia langsung bilang ikutan sekolah pasar modal aja, tinggal bayar 100ribu, langsung dibukain nanti rekening sahamnya, selesai deh, ntar kamu juga diajarin cara memakai aplikasi, dll. Dimanakah itu ? langsung ke IDX saja alias Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia. Di Indonesia cabangnya banyak ya, kalian bisa langsung ke kantornya di daerah kalian, kalo di Denpasar letaknya di Jl. Cok Agung tresna, otomatis aku langsung kesana deh dan minta jadwal kapan ada sekolah pasar modal.

Setelah datang di hari H, kita bisa langsung bayar cash 100ribu untuk dibukakan rekening saham, tinggal isi form nya saja yang ada sim/ktp/npwp. Pajaknya lebih basar bagi kamu yang belum memiliki npwp. Lalu di saat itu mulailah sesi presentasi dimulai, diperkenalkan apa itu saham, perusahaan apa saja yang sudah go-public, di perusahaan apa saja kita bisa ber-investasi, siapakah tokoh-tokoh yang penting di dalam dunia Investor seperti Pak Lo Kheng Hong, Warren Buffet, waktu jam buka pasar modal, dll. Waktu sekolah pasar modal ini dari pagi sekisar jam 8/atau 9 ya waktu itu sampai siang jam 2 an. Oh ya sekolah ini GRATIS loh, yang paling aku suka juga kita dikasih coffee break yang sudah disediakan dan nasi kotak lengkap dengan snack, nasi kotak nya juga menunya enak udah kayak makan di warung resto, ENAK Alhamdulillah. Aku bahagia.

Saranku jangan lupa isi kuota paket data

Oh ya di saat mengikuti sesi kelas ini, kita tentunya bakal disuruh install aplikasi macem-macem, seperti IPOTGO, RTI Business, nah yang kuotanya habis pasti bakalan bingung deh dan bakalan repot, soalnya wifi disini tentunya lemot dan kadang bermasalah karena yang make banyak orang. Jadi jangan lupa isi kuota ya teman-teman.

Okay, itu dia cara yang paling mudah dan aman untuk membuka rekening saham

Teman-teman sudah ada yang berinvestasi juga di pasar modal ?

Share your story ^^ happy bisa baca komen dari kalian

Thank you for reading

xoxo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *