Jalan-jalan,  Journey,  Review

Liburan Lebih Seru dengan Bus PO Sumber Alam

Hai.. Akhir tahun sudah mau di depan mata. Sudah ada yang merencanakan liburan kah ? Nahh .. kali ini aku sharing tips buat teman-teman yang suka jalan-jalan naik bus yang cukup digemari traveler, mulai dari naik bus jarak dekat maupun jauh tetap nyaman. Traveling naik bus memang menyenangkan. Meskipun perjalanan lebih lama dibanding naik pesawat, bus memiliki keunggulan yang bikin traveler betah. Saat naik bus, kita bisa menikmati pemandangan indah yang tersaji sepanjang perjalanan, juga melihat aneka objek wisata dari dekat. Salah satu operator bus yang populer di wilayah Jawa Tengah adalah Bus PO Sumber Alam. Apakah itu ? Yuk kita intip.

credit to pinterest

PO Sumber Alam memiliki jumlah bus mencapai 400 unit. Pelayanannya pun terus berkembang dengan merambah jasa transportasi jarak dekat atau AKDP dan bus pariwisata. Dalam melayani trayek AKAP, Sumber Alam menggunakan armada bus besar bermesin Hino dan Mercedes-Benz. Bus ini pun menyasar kelas menengah ke bawah dengan pilihan kelas pelayanan mulai dari kelas AC toilet, AC non-toilet, ekonomi AC, patas non-AC, dan ekonomi non-AC. Sedangkan untuk rute AKDP, Sumber Alam menggunakan armada bus sedang dan minibus seperti Isuzu Elf.

credit : traveloka

Rute populer Bus PO Sumber Alam meliputi Yogyakarta-Tangerang, Magelang-Bekasi, Yogyakarta-Merak, Yogyakarta-Depok, Yogyakarta-Bogor dan Semarang-Cilacap. Untuk harga tiket Bus PO Sumber Alam cukup terjangkau mulai dari 100 ribu sampai 150 ribu untuk kelas VIP dan kelas Eksekutif. Bagi kalian yang ingin berwisata ke Bekasi, Jogja, Magelang bisa menggunakan bus PO sumber Alam. Untuk tiket Bus PO Sumber Alam bisa dibeli dengan mudah di Traveloka. Dengan Traveloka, beli tiket bus Sumber Alam kini semudah belanja online. Mulai dari mencari jadwal bus hingga pesan dan bayar tiket, semuanya bisa dilakukan dari rumah. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembayaran tiket bus Sumber Alam di Travelola melalui transfer bank (ATM/SMS Banking/e-banking/teller bank), kartu kredit, atau pembayaran tunai di mini market (Alfamart). E-tiket Sumber Alam akan dikirim via email atau SMS setelah pembayaran dikonfirmasi. E-tiket juga bisa dilihat dari menu Pesanan di halaman utama. Cukup tunjukkan e-tiket Sumber Alam kepada staf bus Sumber Alam di titik berangkat untuk naik ke bus. Kualitas pelayanan Sumber Alam tak perlu diragukan lagi. Meskipun hanya melayani kelas ekonomi, Sumber Alam selalu mengedepankan kepuasan para penumpang. Seluruh kru bahkan bekerja sesuai visi perusahaan untuk menjadi armada pilihan utama di Indonesia. Tak heran jika pada akhirnya Sumber Alam tetap diminati meski telah berusia hampir 50 tahun. PO ini pun kerap meraih prestasi melalui sejumlah penghargaan bergengsi di bidang transportasi darat, seperti bus AKAP ekonomi terbaik pada 2005 dan 2007 dari Menteri Perhubungan, serta penghargaan Lifetime Achievement di bidang angkutan jalan oleh Menteri Perhubungan pada 2011. Tak hanya itu, Sumber Alam juga pernah tercatat sebagai pemilik bus terpanjang dan termewah di Indonesia. Armada bus yang merupakan hasil modifikasi ini meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia pada 2009.

credit pic : perlengkapan18

Pada masa awal berdirinya, armada Sumber Alam sangatlah minim. Perusahan Otobus (PO) ini hanya memiliki enam unit bus yang digunakan untuk melayani trayek bus malam AKAP Yogyakarta – Jakarta. Pada 1984, Judi Setijawan Hambali, cucu Thung Tjie Hing, menjadi pemilik tunggal Sumber Alam. Hal tersebut terjadi karena saudara-saudaranya memilih mundur dari bisnis ini. Saat ini, Sumber Alam dikelola oleh generasi selanjutnya, Anthony Steven Hambali, dan berkantor pusat di Jalan Pangeran Diponegoro No. 164, Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah. Selain menyediakan layanan bus, Sumber Alam juga memiliki unit usaha lain, yaitu SPBU dan rumah makan untuk menunjang kegiatan operasional bus. PO ini bahkan membuka wahana wisata terpadu bernama Sumber Adventure Center.

Nah, itulah informasi mengenai bus PO Sumber Alam.

Semoga informasi ini bisa membantu teman-teman yang ingin berlibur menggunakan bus dari jogja ke bekasi atau sebaliknya.

Sudah ada yang mau rencanain liburan akhir tahun kah ?

Share your story ^^ will be really glad to read yours

Thank you for reading

xoxo

14 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *