Curhat,  Life,  Review

Mempersiapkan Acara Lamaran Sederhana di Rumah

Good morning ladies 🙂 di bulan Agustus ini, lagi musim nikahan atau lamaran ya. Banyak sekali dari kerabat/family/teman yang menaruh undangan untuk menikah atau lamaran di bulan idul Adha ini yang juga menjadi bulan kemerdekaan di negeri kita tercinta ini. Biasanya hitungan hari setelah idul Adha, ada pernikahan atau lamaran yang berlangsung. Nah untuk teman-teman yang lagi ingin mempersiapkan lamaran atau penasaran doang yuk bisa diintip.

Source Pic : Wedding Wire

Kapan lu lamaran San ? kalau ditanya temen atau kerabat kalau gua mah cuma minta doa aja karena gua tahu jodoh gua yang entah dimana sudah otewe menuju gua. Tinggal menunggu suratan takdir dari Allah saja. Tapi kalau ditanya pengalaman mempersiapkan lamaran dirumah aku udah punya beberapa pengalaman, dari yang manis sampai pahit banget, meskipun hal ini bisa dijadikan referensi ya. Apa aja sih yang harus dipersiapkan untuk mengadakan acara lamaran dirumah ? dan apa isi seserahannya dari pihak laki-laki ke wanita ? oke deh gua kasih tahu, untuk isi seserahan pernikahan biasanya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk pihak wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan wanita setelah menikah nanti. Untuk acara lamarannya biasanya tergantung dari adat atau keinginan 2 belah pihak keluarga, jadi sebaiknya harus benar-benar dipikirkan dan di omongin dengan jujur dari kedua belah pihak wanita dan pria. Cak ilehh..

Mempersiapkan Tanggal & Budget

Related image
pinterest

Biasanya untuk acara lamaran ini ditentukan oleh pihak wanita, tapi bisa juga dari pria *bebasnya gimana deh tergantung kamu yang jalanin hihi. Pilih tanggal sebisa mungkin yang pas untuk kedua belah pihak keluarga, dan untuk budget sebaiknya direncanakan dan dibicarakan secara jujur, karena masalah budget ini tidak hanya terpaku dari acara lamaran saja yang nantinya pasti bakal merembet ke acara akad/resepsi yang jika di salah satu pihak tidak jujur untuk mengutarakan maka masalah tentunya sudah menunggu dan bakal menjadi bom waktu. Untuk budget relatif ya bisa dari paling murah sekitar 3 jutaan sampai 30 jutaan lebih tergantung seberapa ribetnya acara tsb.

Menyewa Jasa Katering

Image result for prasmanan sederhana
source pic : fimela

Biasanya yang bikin budget rada bengkak disini nih, tergantung jasa kateringnya dimana, sama siapa, jumlah tamu undangan, kalau makin banyak tamu undangan otomatis budget yang dipatok pun bertambah. Saranku be wise aja untuk mengundang tamu yang penting-penting aja seperti kerabat/family/teman terdekat. Untuk katering pun seleranya bisa disesuaikan, ada yang budget termurah dari model nasi kotak sampai prasmanan. Belum lagi termasuk mempersiapkan kue-kue dan jajan untuk balasan seserahan. Untuk balasan seserahan bisa diatur sih dari pihak wanita, bisa sehari sebelum akad atau model tuker kado pas di acara lamaran, diatur sendiri bisanya kapan hehe.

Sewa Dekorasi, MC, Sound System

Untuk dekorasi sekarang sudah banyak jasa yang menyediakan dekor untuk acara lamaran dengan harga yang terjangkau, dari harga 1-7jutaan biasanya kalau untuk yang model rustic seperti ini. Sekarang balik lagi deh kalau untuk masalah budget, tentunya semakin ‘marak’ dekornya otomatis budgetnya jauh lebih banyak. Kalau impianku sih dekornya ala ala Rustic tapi simple and eye-catching di dominasi oleh warna putih seperti ini. Tapi kalau pingin versi yang lebih murah lagi, kalian juga bisa bikin sendiri loh DIY Flower dari Paper, DIY Rustic Decor, mencari inspirasi dari pinterest dan youtube bisa dijadikan alternatif bagi teman-teman yang ingin menekan budget. Untuk dekorasi biasanya yang harus disiapkan jika acara diadakan di indoor, hanya perlu latar backdrop saja, dan sewa karpet kalau diperlukan. Jika diadakan di outdoor biasanya budgetnya lebih bengkak karena diperlukan sewa tenda, sewa kursi, dan sewa meja untuk menyambut tamu dan menaruh katering. Jangan lupa untuk sewa MC dan sound system biasanya ada paketannya sendiri, kalau mau lebih murah mungkin bisa dibantu dari pihak keluarga.

Image result for rustic engagement decor
pinterest

Isi Seserahan

Image result for seserahan lamaran pinterest
source pic : hipwee

Apa aja sih isi seserahan? isi seserahan biasanya adalah :

  1. Perlengkapan Ibadah, seperti Mukena, Al-Qur’an, Tasbih, biasanya kalau beli di toko perlengkapan baju muslim biasanya disediakan tuh jasanya langsung untuk dihias secantik mungkin sesuai selera sang pengantin. Mukenanya bisa dibentuk seperti masjid, bebek bangau, atau langsung ditaruh di kotak seserahan.
  2. Perlengkapan Mandi, seperti Sabun, Shampoo, handuk, Shower Puff, Shower Gel, Body Scrub, dan Parfum. Untuk list yang ini sebaiknya ditanyakan ke pihak wanitanya ya maunya doi yang mana karena sayang banget kan kalau asal beli tahunya gak di pake karena gak suka.
  3. Pakaian Dalam, biasanya bikin deg-deg an nih kalau bagian milih baju tidur, set lingeries, atau set underwear. Pas membeli bagian ini jangan lupa dibawa ya si calon pengantin wanita biar pas dipakenya.
  4. Perlengkapan Make Up, untuk yang satu ini biasanya jadi concern dari pihak wanita, tanyakan doi maunya yang mana karena yang namanya kosmetik sangat banyak macemnya dan bersifat ‘selera wanita’, contohnya deh mulai dari shade foundation, brandnya apa saja, bbcream, lipstick, bedak, eyeshadow, mascara, dan skincare biasanya yang tahu pasti cocok adalah dari sang wanitanya itu sendiri, jikalau dipaksakan misal dikasih brand xx yang ternyata gak cocok di doi, bisa bikin kulit wajahnya doi break-out atau jerawatan parah loh gak mau lah ya bisa berabe namanya. Jadi sebaiknya untuk make up ditanyain ke sang wanita list make up dan skincare yang dia inginkan/yang biasa doi pake apa saja.
  5. Perhiasan, biasanya di acara lamaran bakalan ada tuker cincin, untuk perhiasan biasanya yang diberikan ke pihak wanita berupa sepasang cincin yang nantinya akan dipakai doi dan kamu. Monggo gih sekalian cari cincin kawin, tinggal diajak ke toko perhiasan dan tinggal dipilih sesuai keinginan doi dan yang cocok dengan budget yang tersedia.
  6. Perlengkapan Pesta, biasanya ini berupa dress, baju pesta untuk menghadiri kondangan, dan sepatu pesta. Sebaiknya dipilih sesuai selera doi ya.
  7. Kotak Seserahan, ini biasanya lagi nge-trend yang di model bening ala ala rustic. Tapi hal ini gak wajib ya harus mentok di model itu-itu aja, karena kalau mau bikin sendiri dan di modif sesuai yang kamu inginkan juga bisa banget.
  8. Makanan & Buah-buahan, biasanya pasti bakal ada bentuk hantaran berupa jajan tradisional dan buah-buahan, bisa disesuaikan dengan tradisi keluarga masing-masing. Kalau adat betawi biasanya ada roti buaya, kalau adat jawa bisa berbeda lagi. Kalau di pengalamanku, biasanya yang disajikan itu risoles, bolu susu, brownies, pukis, dan jajanan tradisional yang dijual khas di bali seperti lak-lak.

Inget untuk isi seserahan yang disebutkan diatas tidak bersifat wajib, disesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. Kejujuran dan komunikasi mengenai masalah budget, budaya, dan keinginan dari dua belah pihak sangatlah penting karena jikalau salah satu pihak tidak jujur tentunya bisa menimbulkan masalah yang bersifat ‘domino effect’.

Image result for domino effect gif

Baju, Henna, Make Up

Untuk baju biasanya bisa dibuat ‘seragam’ khusus untuk sang calon pengantin. Entah dari warna atau konsep yang seragam. Biasanya dipakai model batik sih setahu aku kalau orang jawa. Kalau untuk Arab/india biasanya sudah ada dress yang dijual khusus untuk sang wanita. Jangan lupa dengan hiasan henna/mhendi. Sudah banyak kok juga yang menyediakan jasa henna dengan harga yang beragam, tergantung seberapa ribet designnya. Untuk baju, sekarang di online shop, tokopedia, shopee, sudah banyak banget yang menjual bagus-bagus dengan harga yang cukup terjangkau. Cuss deh di check di platform kesukaan masing-masing.

Persiapan Mental

Image result for sweet couple
shutterstock. We all know married is not easy & beautiful like we see on perfect picture instagram.

Tentunya menikah itu bukan persoalan yang sekedar ‘saya terima nikahnya’ saja. Pernikahan menyatukan 2 keluarga yang berbeda, dari segi budaya, sifat, kultur, so be wise ladies and gentleman’s. Disaat memutuskan untuk menikah dengan doi, sebaiknya jangan karena alasan kamu dipaksa, disuruh orang tua, karena harta, kecantikan/ketampanannya, atau karena sekedar ngebet pingin kawin karena lihat teman-teman uda pada nikah semua, menikahlah karena when your guts tells you to do, when you feel this person is the one you choose to live forever with you, suffering with you in good or bad condition, menikahlah dengan yang Tuhan mudahkan. Biasanya jika sudah jodoh, entah bagaimana jalanmu dan jalan dia terasa mudah menuju ke pelaminan, meskipun ada ujian, endingnya pasti bakal berakhir di pelaminan. So jangan lupa sertakan Tuhan di setiap langkahmu, jadi kamu gak usah khawatir karena segala sesuatu yang terjadi karena izin kehendak-Nya.

Baca juga : 

Cara keluar dari hubungan Toxic

Okay sekian post kali ini.

Good luck ladies & gentleman’s

xoxo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *