Food,  Jalan-jalan,  Review

7 Wisata Kuliner Terbaik di Solo, Kelezatan khas Jawa Tengah

Jawa Tengah menjadi provinsi yang punya banyak daerah penghasil batik yang populer bagi banyak orang. Batik Pekalongan yang dapat pengakuan sebagai warisan budaya dunia dari UNESCO. Ada batik Semarang yang dipengaruhi oleh budaya Tiongkok dan Eropa yang menonjolkan motif fauna yang lebih menonjol. Hingga batik Solo yang didominasi warna dominan coklat soga kekuningan yang mudah ditemui di kampung batik Laweyan dan Kauman.

Tak hanya memiliki aneka pilihan batik yang keindahannya menarik bagi kalangan muda hingga tua, Jawa Tengah  juga punya pesona lain yang tak kalah memikat. Pesona itu adalah aneka kuliner lezat yang tiap kota punya ciri khas masing-masing. Karena itu, bila tertarik berburu batik di Jawa Tengah, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner khas kota – kota penghasil batik ini. Perjalanan solo semarang lancar tanpa hambatan dengan kereta api, begitu pula menuju Pekalongan dan sebaliknya. Jika teman-teman ingin memulai dari kota Solo, berikut 7 tempat yang makanannya wajib banget dicoba. Yuk mari kita intip.

Nasi Liwet Wongso Lemu

foto:masgembuldotcom (IG)

Nasi liwet adalah kuliner khas Solo yang wajib dicoba. Terdiri dari nasi gurih hangat yang disajikan dengan sayur, telur rebus, ayam suwir dan beberapa lauk lain, kelezatan nasi liwet yang menjadi makanan khas ketika sarapan di Solo ini bikin ketagihan. Banyak penjual nasi liwet bertebaran di seluruh kawasan Kota Solo. Tetapi yang paling banyak diburu oleh wisatawan dan masyarakat Solo adalah Nasi Liwet Wongso Lemu yang berada di Jl Teuku Umar, Keprabon.

Soto Gading

foto: lumbungpangansolo (IG)

Soto ini adalah langganan Presiden Joko Widodo ketika pulang ke Solo. Berada di Jl Brigjen Sudiarto No 75, Joyosuran, lokasi warung ini tak jauh dari Keraton Surakarta. Soto ini memiliki ciri khas kuah bening, dengan taburan kentang goreng di atasnya. Kelezatannya, bikin banyak pengunjung rela antri panjang untuk menikmati semangkuk Soto Gading ini.

Tengkleng Bu Edi

foto: @rizka.na (IG)

Tengkleng adalah salah satu makanan khas Solo yang banyak ditemui di berbagai tempat. Namun yang paling dicari oleh pecinta kuliner adalah Tengkleng Bu Edi yang berada di dalam pasar Klewer. Untuk menikmati tengkleng ini, kamu harus siap mengantri panjang. Sejak pukul 13.00 antrian sudah mengular, sementara warungnya sendiri baru buka pukul 14.00 WIB. Tapi setelah mencicipi tengklengnya, lelah antri tak akan terasa.

Sate Kere Yu Rebi

foto: sbykulinerinfo (IG)

Dinamakan sate kere karena terbuat dari jeroan sapi yang harganya lebih murah daripada daging. Tetapi soal rasa, sate kere tak bisa dipandang sebelah mata. Terlebih kalau makan sate kere Yu Rebi yang berada di belakang Stadion Sriwedari, lezatnya sate dan bumbunya bikin nambah lagi dan lagi!

Selat Solo Mbak Lies

foto: asihnurlitasari (IG)

Nggak lengkap kalau ke Solo tanpa mencicip Selat Solo yang rasanya unik dan lezat ini. Dan tempat terbaik untuk mencicipinya adalah di warung Mbak Lies, yang berlokasi di Jl Veteran Gg Yudistira II no 42. Warung makan ini buka sejak pagi hingga pukul 17.00 WIB, tetapi lebih banyak dikunjungi ketika jam makan siang. Kalau kamu malas mengantre panjang, hindari jam-jam makan siang ya!

Timlo Sastro

foto: @ybculinaryreview (FB)

Selain selat solo, makanan khas lain kota ini adalah Timlo. Banyak pilihan penjual timlo di Solo, tetapi yang paling banyak direkomendasikan adalah Timlo Sastro yang berada di Jl Kapten Mulyadi No 8. Rasa makanan ini sangat unik, dan kelezatannya nggak akan kamu temukan di tempat lain.

Sate Buntel Mbok Galak

foto: bubueataway (IG)

Sate ini adalah olahan daging kambing yang dibungkus lemak, sehingga diberi nama Sate Buntel. Rasa terbaik ada di warung Mbok Galak yang berada di Jl Ki Mangun Sarkoro No.122. Warung ini buka mulai pukul 06.00 pagi, bisa jadi pilihan buat sarapan berat di Kota Solo. Beli tiket kereta Semarang Solo bila kamu memutuskan ingin ke Semarang terlebih dahulu, nikmati aneka kuliner yang menggoyang lidah. Masih ada banyak lagi tempat wisata kuliner di Solo yang bisa dicicipi, coba semuanya sampai puas di kota ini. Dengan  menumpang kereta Semarang – Solo atau Semarang – Pekalongan, perjalanan lebih nyaman dan sisa budget liburan pun bisa dipakai buat puas wisata kuliner. Cobain yuk guys!

 

Nahh sekian rekomendasi 7 Wisata Kuliner di Solo dariku

Udah ada yang nyobain mana aja nih ?

Share you’re story guys 😀 will be really glad to read yours

Thank you for reading

Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang lagi mencari wisata kuliner di Solo

xoxo

15 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *