Food,  Life,  Review

10 Tips Membuat Kue Kering Anti Gagal

ini kue semprit bikinan gue sendiri hehe *berhasil horee

Yuhuu ladies .. Siapa disini yang gak kenal dengan kue kering? Kue kering merupakan cemilan populer yang hampir ada di setiap perayaan, khususnya Lebaran. I think a lot of you tahu banyak sekali jenis kue kering yang populer di tahun ini, misalnya seperti kue kering klasik nastar, ​kue putri salju​, kastengel, kue kacang, kue semprit, sampai ke kue kering bergaya kekinian seperti kue kering berbentuk ulat, nastar selimut, nastar toping cokelat, kue​ ​keju, kue kacang​ ​mete, kue cake milo, dan lain sebagainya. Teksturnya yang renyah, lumer di mulut, bentuk dan variannya yang menarik, serta rasanya yang nikmat membuat banyak yang menantikan kue kering di hari istimewa. Teman-teman bisa membelinya di pasar, swalayan, toko online, ataupun kita bisa mencoba membuat kue kering sendiri. Nah tentunya jika ingin membuat kue kering sendiri tapi takut gagal? Jangan khawatir, disini aku akan membagikan 10 tips membuat kue kering anti gagal. Yuk mari kita intip ~

  1. Bacalah resep dengan teliti

Membuat kue kering jaman sekarang sudah bukan hal yang sulit lagi ya ladies, karena kita bisa mendapatkan informasi dari internet, maupun buku resep. Namun sebagian orang sering menyepelekan resep, bahkan mengganti beberapa bahan yang ada. Hal ini so pasti bisa membuat hasil dan rasa makanan menjadi berubah. Pastikan membaca panduan dan bahan resep dengan benar terlebih dahulu agar hasil adonan yang didapatkan memuaskan sesuai yang kita inginkan. Jadi, jangan melenceng dari resep jika tidak ingin hasilnya gagal.

  1. Gunakan peralatan yang tepat

Bahan atau alat yang kurang tepat bisa membuat rasa berbeda. Memanggang merupakan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi. Salah sedikit, bahan yang sudah kita buat bisa gagal. Sebaiknya, gunakan gelas dan sendok ukur untuk menakar setiap bahan ya.

  1. Ukuran wadah harus disesuaikan

Pastikan menggunakan wadah, loyang, atau peralatan lain dengan ukuran yang sesuai. Alat yang tepat akan memastikan hasil kue kering buatan kita sesuai dengan yang kita inginkan.

  1. Gunakan bahan berkualitas

Kualitas bahan juga harus menjadi pertimbangan loh ladies. Kue kering yang bagus harus dibuat dari bahan-bahan yang berkualitas. Dalam membuat kue kering, beberapa bahan ini harus diperhatikan. Untuk baking powder dan baking soda, pastikan tanggal kedaluwarsa dari kedua bahan tersebut *jangan sampe sudah kadaluwarsa guys. Baking soda yang masih berfungsi baik harus bisa menggelembung jika ditambahkan ke dalam cuka. Sedangkan baking powder yang masih baik akan menggelembung jika dimasukkan ke dalam air panas. Pastikan telur yang digunakan juga masih bagus, tidak busuk, dan disimpan dalam suhu ruang. Tepung adalah bahan yang paling mendasar dalam pembuatan roti dan kue. Setiap tepung memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Jika teman-teman masih pemula dalam dunia baking, jangan pernah mengganti bahan

khususnya tepung dengan jenis tepung lain. Jika pada resep tertulis tepung serbaguna, jangan menggantinya dengan tepung lain *contoh tepung larut,tapioca,dll. Terlalu banyak tepung dalam adonan dapat menyebabkan kue kering menjadi lebih keras. Sebaiknya ikuti saja sesuai contoh di buku resep.

  1. Pastikan kondisi bahan yang digunakan

Cium aroma kacang yang digunakan. Minyak dalam kacang bisa membuat bahan jadi cepat berbau tengik. Pastikan untuk selalu menyimpan kacang di freezer jika ingin disimpan dalam waktu yang lama. Kita juga harus memastikan mentega berada dalam suhu ruang jika tidak, bahan tidak akan tercampur sempurna dengan gula. Gunakan takaran garam sesuai dengan resep, khususnya jika ladies ingin menggunakan mentega tawar. Jika menggunakan mentega yang sudah diberi perasa, cukup gunakan setengah dari takaran garam yang disebutkan. Simpan shortening atau mentega putih dalam keadaan terbuka sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Kenali setiap tipe gula. Dalam membuat kue kering, gula pasir biasa justru mudah larut dalam adonan. Sebaliknya, gula halus ketika dicampurkan dengan tepung maizena akan sulit larut dalam adonan meski memiliki tekstur yang lebih lembut.

  1. Simpan semua bahan dalam suhu ruang

Penyimpanan dengan suhu ruang yang tepat akan membuat bahan kue kering tidak cepat rusak, jadi agar bisa berfungsi dengan baik ketika membuat adonan.

  1. Ukur jumlah bahan dengan benar

Gunakan sendok dan alat ukur yang ideal. Salah satu penyebab kegagalan dalam memasak adalah pengukuran bahan yang tidak akurat. Kita bisa saja menggunakan bahan terbaik yang sudah ada, tetapi jika tidak diukur dengan benar, maka hasilnya pun jadi tidak maksimal.

  1. Temperatur oven

Panaskan oven selama 10 hingga 15 menit sebelum digunakan. Hal ini dilakukan agar adonan matang dengan merata *ini penting banget ya ladies agar matang kue nya bagus.

  1. Menggunakan loyang 

Tidak semua jenis loyang bisa digunakan untuk memanggang. Dalam membuat kue kering, sebaiknya gunakan loyang yang tidak memiliki banyak sisi. Dalam pengolesan loyang, kita bisa menggunakan mentega sayur atau mentega tawar. Namun saranku sih sebaiknya untuk mengolesi loyan sebisa mungkin jangan menggunakan minyak sayur karena kue kering akan berwarna agak kecoklatan selama proses pemanggangan.

Selain itu, minyak sayur juga lebih sulit dibersihkan. Jika adonan kue kering mengandung mentega dalam jumlah yang cukup banyak, maka teman-teman tidak perlu lagi mengolesi loyang. Kita bisa mengunakan baking mats atau alas panggang yang bisa digunakan berkali-kali sebagai alas adonan *kertas jagung/minyak. Dinginkan loyang yang sudah digunakan jika ingin digunakan kembali. Jangan lupa untuk selalu membersihkan loyang sebelum digunakan untuk memanggang adonan yang berbeda agar tidak gosong.

  1. Memanggang kue kering dengan benar

Dalam memanggang, perhatikan hal-hal berikut ini : kue kering yang bagus harus memiliki ukuran dan ketebalan yang sama. Kita bisa menggunakan scoop kue kering atau scoop es krim untuk mendapatkan ukuran kue kering yang sama. Cara lain adalah dengan menimbang setiap adonan, satu ons untuk adonan besar dan setengah ons untuk adonan yang lebih kecil. Buat jarak untuk setiap kue kering, kira-kira lima/satu centimeter agar kue kering dapat mengembang dengan sempurna. Kita harus selalu cek kue kering selama selama dalam panggangan ya ladies biar tahu hasilnya matang dan gak gosong.

Baca juga :

  1. Resep kue sagu susu gurih

Okay sekian tips-tips diatas guys

Semoga bisa menambah wawasan teman-teman dan makin pede untuk membuat kue kering sendiri.

Ada yang suka bikin kue kering juga ?

Share your story ^^ will be really glad to read yours

Thank you for reading

xoxo

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...