Animal free,  DIY,  Halal Cosmetics

DIY Toner Ajaib

Assalamu’alaikum beauty readers ^^

Back to My DIY post ~ kali ini aku akan membuat ‘Dupe’ alias kembarannya toner SK II, tapi ini vr yg murah meriahnya.

Penasaran kayak apa ?

Mari kita Ke TKP ..

Teretet rtetetetttttttttt ~

amazon.com

Ada yang gak tahu brand ternama SK II ? kalo gak tahu bisa cari dulu deh di mbah google ~

yak brand mahal SK II ini udah terkenal beuud di Indonesia dan eehmhm terutama di kalangan atas soalnya untuk harga 1 produk ajah bisa nyekek leher alias dengan seharga 1 produk itu bisa bayar buat kost 1 bulan, bisa ntraktir temen sekelas, bisa ke restoran yg jual makanan” mewah (macem the harvest xD) atau beli bermacem produk merek elf cosmetics n beli brush set Real techniques yg gue pingin, dulu (saat smp tertarik nyoba gegara nonton iklannya di TV) sempet pingin alias bercita” pingin make brand ini tapi segera kulupakan gegara harganya yg selangit & apalagi sekarang aku sudah tahu brand ini melakukan animal testing dan gw sebagai Muslimah yg perduli akan kejelasan halal tidaknya suatu produk, SK II jelas belum memiliki sertifikat halal. Terus habis mampir di blognya blogger cantik ini lihat dia bikin Dupenya SK II, langsung deh mumpung di dapur udah ada bahannya semua tanpa ba be bo gue langsung bikin nih toner (yg of course halal n cruelty free karena bikin sendiri :p kagak pake nge-tes sama hewan” lucu tsb)

Don’t test on me baby ~ Sob sob (ngebayangin kelinci” percobaan itu menderita hanya sekedar kosmetik buat di wajah)

so kalaupun gak cocok nothing has to loose alias kagak ada ruginya sama sekali.

Yuk intip cari buatnya ~

You’ll need :

  • 2 sdm rice alias nasi yg baru matang & sudah didiamkan selama 30 menit
  • 1 sdt ragi (bisa merek fermipan, haan, etc, yg kupake buat toner ini merek saf instant)
  • 1/2 cup air
  • 2 Gelas yg terbuat dari kaca & sudah di steril (setelah dicuci dengan sabun, aku sterilin pake air panas)
  • Plastik & karet
  • Kain kasa/perban/kain tipis yg BERSIH
  • 1 botol kaca kosmetik yg sudah di steril

Bahan tambahan (boleh dipake atau tidak) :

Sak cuprit ujung sendok teh natrium benzoat

ini pun ditambahkan saat sudah melewati proses penyaringan & saat penyampuran digerakkan dengan pelan secara horizontal (fungsinya sebagai pengawet kalo ingin tonernya berumur lebih lama sekisar semingguan)

Terus yg belum tahu Natrium Benzoat itu apa sih ?

Natrium Benzoat adalah pengawet makanan yg umumnya terdapat di snack/mie yg biasa kamu konsumsi, atau di kosmetik” yg umumnya kamu pake di tubuh/muka setiap hari namun dosisnya berbeda-beda. Tapi pasti adaaa aja tanggapan negatif kayak nganggep make pengawet tu berbahaya: ” Ihh.. itu kok pake pengawet di tepok”in di mukanya ? itu kan jelas” berbahaya .. Blaa balaa blaa blaa.. ” Hahaha ya BERBAHAYA kalo kamu MAKAN tuh natrium benzoat 1 bungkus dijamin masuk UGD Gyaaaaaaahahahaha xD *evil laugh.

*Untuk yg gak pingin make natrium benzoat, bisa pake pengawet alami alias tambahkan 1 sdt perasan jeruk lemon secukupnya (ditambahkan di air saat mencampur nasi & yg sekarang lagi kubuat memakai 1 sdt perasan lemon buat pengawetnya sekaligus untuk efek lightening, tapi lemon tidak disarankan karena beberapa orang ada yg kulit wajahnya ga tahan dengan sifat asam dari lemon tsb). Oh iya kalo sudah pake perasan lemon umur toner bisa nyampe 4-5 hari*teteup harus dimasukin ke kulkas, and kalo sudah pake lemon buat pengawet jangan campur dengan natrium benzoat (natrium benzoat & vit c/ vit e tidak boleh dicampur karena bisa membentuk zat yg menimbulkan reaksi cancer).  *Thankies banget ya buat mbak Lintang yg bagi-bagi ilmu :-*

Cara membuat :

  1. Siapkan gelas yg sudah diisi air
  2. Masukkan nasi & ragi
  3. Aduk-aduk, lalu tutup gelas dengan plastik & diikat dengan karet

Jadinya begini ~ Taa daaa ….

Diamkan selama 3 jam ..

Tik tok tik tok..

tik tok ~

Kalau waktunya sudah kelar ..

Siapkan another gelas, saring dengan kain kasa ~ terus baru masukkin ke botol kaca kosmetik kamu.

Selesai deh ~

Bisa ditonton di YouTube Channel q looh ^^ don’t forget di subs yaa <3

bisa langsung dipake tinggal kecrutin di kapas atau ditepuk” pake tangan di muka, DONE!! ~ atau pingin mau ‘bergaya’ make DIY toner ini ala caranya SK II juga boleh beud ~


Karena ini DIY alias bikinin sendiri jadi gak usah hemat-hemat makenya, mau boros kek mau hemat terserah gue gyahahaha

Pas lagi maskeran ini enak banget. Rasanya dingin .. adem .. Kulitku rasanya kayak lagi beristirahat .. so relaxing n enjoyable ~

Jangan lupa setelah pemakaian, tonernya langsung disimpan dalam kulkas ya biar awet ( toner yg ‘gak’ pake natrium benzoat umurnya skisar 3-4 hari, selebihnya kalo masih pingin dipake Wallahu’allam. Kalo yg ‘pake’ natrium benzoat gak usah repot” masukin di kulkas umur si toner bisa lebih panjang skisar 1 minggu lebih *tergantung yah kalo baunya gak enak mending buang aja).

Terus apa sih Saccharomyces itu?

Saccharomyces itu artinya gula jamur, biasanya dipake buat anggur, roti, bir, sake. Makanya coba deh intip ingredientsnya ragi roti, pasti ada nama spesies ragi satu ini : Saccharomyces *kayaknya susah banget ya bacanya T.T.

Manfaat  Saccharomyces untuk Kulit ?

 Saccharomyces memiliki banyak manfaat untuk kulit:

1. Membuat tesktur kulit terasa lebih halus kayak pantat bayi
2. Membuat kulit tampak glowy kinclong
3. Menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit *towel”
4. Memudarkan noda di wajah
5. Menjaga kelembapan kulit

6. Menyamarkan kerutan alias wrinkle ~

7. Mengurangi Dark circle

Banyak yg bilang kulit gue udah mulus, kagak usah dipakein macem-macem, tapi kalo yg jeli and baca blog gue dari dulu pasti tahu gue punya masalah penuaan dini ~ apakah itu ? yak itu adalah flek alias noda di wajah, bahasa inggrisnya sih bisa freckles/ dark spot.

Kulitku yg terkenal ‘pucat’ atau entah karena genetik jadi gampang banget kena flek (keselnya punya kulit pucat kalo di sekolah sering dibilang kayak tembok/mayat tapi biarlah meskipun begitu gw suka banget sama kulit pucat gw). Well you know my home place (Bali) terkenal dengan sinar mataharinya yg terik-rik-rik dan meskipun udah pake sunscreen/sunblock kek tetep aja kena gosong dikit muka gue sukses kena penuaan dini alias dark spot nambah satu dua lagi and ngilanginnya boookk butuh berbulan-bulan!! Masalah flek sudah aku alami semenjak SD sampe sekarang (malah benernya sudah lebih parah menjalarny) so gue pingin nyoba nih toner siapa tahu bisa berhasil buat memudarkan flek-flek di wajah and bikin wajah jadi lebih mulus.

Terus….. berhasil kah ?

Setelah nyoba toner ini selama 4 hari tentunya ‘Freckles’ alias dark spot atau flek yg of course hilangnya susahnya minta ampun alias makenya butuh proses yg gak bisa dibilang cepat tentunya sih kagak hilang. Tapi sih yg jelas gue ngerasain ……

Kulit gue …

Berubah …

Berubah jadi apahh ??

BERUBAH JADI LEMBUT!!!

HALUS!!!

KENCENG!!!

ASSSSYEEEEEK!!!

Di foto kelihatannya gak beda tapi kenyataannya beda banget. Ini contoh Before (kulitku sebelum pemakaian) dan After (setelah 2 hari pemakaian)

Kukira boongan aahhh paling berubahnya dikit-dikit alias gak begitu ngrasain apa-apa, saat pertama kali pemakaian aku dikejutkan oleh baunya yg ‘basi’ ala tape” yg dijual di dagang kue (tape dari nasi), terus saat aku tepuk-tepukin DIY toner ini di mukaku sampe kubiarkan meresap (ada 2 menit) efek yg kurasakan kulitku serasa ‘ditarik’, terus 3 menit kemudian aku cuci muka. Eehhh tahunya setelah ngeringin muka, begitu aku sentuh mukaku jadi elastis, lembuut haluuus kayak pantat bayi, terus mukaku yg biasanya kemerahan gegara jerawat eh ilang, persis deh yg gue rasain kayak manfaat” Saccharomyces  yg udah gue sebutin di atas dan yg jelas warna kulitku jadi lebih putih satu tingkat (karena kandungan perasan lemon +Saccharomyces), kecuali of course buat memudarkan flek butuh waktu yg lebih lama.

Terus karena pas kupake membuahkan hasil yg positif, aku kasih deh ke kulit mamaku yg sudah berumur menjelang 50,  she love it so muchh!! Tampak banget perbedaannya di mamaku saat dia nyoba maskeran pake ini (sayangnya mamaku gak mau dipoto so sorry yah gak bisa kasih lihat), tapi yg jelas matanya yg sembap gegara kurang tidur (alias mata panda bisa menghilang hitungan menit) & kulit mamaku bisa berubah jauh lebih cerah & kencang. Alhamdulillah Ya Rabb.. Aku bersyukur banget ternyata DIY toner ini bekerja sangat baik melebihi yg kukira, apalagi bikinnya gampang beud dengan harga yg murah meriah bisa menghasilkan hasil yg sangat bagus buat kulitku.

Soo .. mau bikin lagi ? Mau mau mau ^w^ ini udah habis botol ketiga (saat ini kira” aku sudah memakainy selama 2 minggu lebih n kulitku tambah aluz kayak pantat bayi aja dan makin glowy ala artis korea *asek Alhamdulillah :3) ini mau bikin botol yg keempat :3

Tertarik mau coba ?

masih takut bikin kosmetik sendiri di rumah ?

Atau ada yg udah gak takut ?

Well .. it’s up to u girls ~

PS : Result berbeda-beda di tiap orang ya, yang jelas kalo gak berasa cocok ya buang aja jangan dilanjutin

Sekian my DIY post kali ini

Semoga bisa membantu teman-teman yg lagi pingin bikin toner sendiri rumah ya ^^

xoxo

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...