Health,  Life

Cara mengatasi gangguan menstruasi

I make this post for my self and for another women in the world so I hope it can help you to solve your periods problem. At least help u a lil’ bit.

source :www.theguardian.com

Periods alias mensturasi ? I think most women in the world merasa ‘BT’ alias feeling ‘resentful’ while having periods including me. Rasanya kesel, mau marah, mau nangez, beteee aja bawaannya, and gampang banget tersinggung. Kata kakakku yang baru jadi dokter muda itu sih gejala yang normal karena si cewe hormonnya lagi gak stabil. Beruntung bagi cewek yang gak pernah ngalami masalah menstruasi, nah kalo kayak gue ?

Uppzzz sorry .. but it’s describe my period so well, but not the white, only the black dot

Masalah anemia, perut kram, pantat sering mules, kejang dan rasa sakit di sekitar daerah ms. V, rasa sakit yang selalu berpindah” gak karuan, dan masalah bocor, aku selalu mengalami masalah ini karena untuk di kasus menstruasi ku, darah yang dikeluarkan banyak banget, dulu zamannya pas masih sma aku suka kena kasus kebocoran, bocor di rok paling sering *inget kan rok sma yang biru muda tuh ? duuhh bete banget dan kadang yg paling memalukan tuh bisa kena lantai *ini nih yang paling berabe, pernah kejadian 2x ps di sekolah (pas sd pertama kali men belum ngerti pake pad dan pas sma *pas lagi kondisiku sedang jatuhnya) teman” pada panik kirain aku mengalami keguguran *enak aja emang gw da py suami. Ya mau gimana biasanya temen” ku yang cuma ngabisin 1 pad buat di pake aku ampe make 3 pad, atas-bawah-tengah, bagian yang peling sering diganti sih yang ditengah, biasanya temen”ku cuma 3-5 hari mensnya, aku baru hari ke 8 baru bersih. *ni conversations khusus cewek yang bakal ngerti kalo yang cowok pasti rada bingung.

source by : talviuni.deviantart.com

Untuk kasus volume pengeluaran darah ternyata emang dari turunan, alias dari mamaku yang selalu kalo mens keluarnya banyak apalagi pas dia cerita ke aku pas gadisnya saben mens dia sering pingsan. Alhamdulillah aku gak sampe separah itu. Sedangkan nenekku dan nenek buyutku juga begitu dan cikal bakal nya katanya gampang punya anak. Emang bener sih buyutku tuh punya anak 12, nenekku punya anak juga 10 meski yang hidup cuma 6 termasuk mamaku, mamaku sebenarnya bisa punya anak lebih dari 3 alias aku bisa” punya adik banyak tapi syukur papaku yang dokter ngelarang dan akhirnya mama ku di kasih kb yang rahimnya diikat.

“Sudahlah nak terima saja kodrat ini dari Tuhan dengan ikhlas, kita mens nya memang banyak mau gimana lagi ?,” hibur mama ku pas aku lagi ngomel” tentang masalah haid. Aku gak terima dengan ucapan mamaku yang seolah berucap ‘pasrah saja’, aku ingin berusaha untuk mengubah dan mengatasi gangguan menstruasiku agar menjadi lebih baik. Aku tidak mau terus-terusan begini.

Lalu kuberanikan diriku untuk ke rumah sakit, aku langsung disuruh kebagian kebidanan, awal” masuk clingak-clinguk bingung pas di tanya siapa yang bertanggung jawab sama si suster” yang wajahnya pada panik semua pas aku bilang aku dateng ke rs cuma sendirian *they think I’m pregnant. Lalu wajahnya kembali rileks saat aku cuma lapor buat gangguan menstruasi. Aku dipersilahkan duduk, di cek sana sini (sebenarnya disini ada pengalaman yg sangat mengerikan ampe aku pengen kabur n nendang si dokter ps lg di check but I won’t tell u the story), lalu sehabisnya dipersilahkan baring di ranjang sambil rahimku diperiksa usg.

Glujuk glujuk. Rasanya dingin dan geli pas alat usg meluncur di perutku. Aku melihat rahimku yang hitam dan kosong. Ada sedikit titik” kecil dan itu membuat si dokter panik dan memanggil si dokter yg lagi hamil buat ngelihat rahim aku. ” It’s nothing! Cuma sisa darah mens yang belum keluar!,” katanya. 
Lalu hasilnyaaa ????
Aku cuma dikasih asam mefenamat doang *nasihat yg sama dari papaku. and they said :
” Kita belum tahu hasilnya ya yang jelas rahimnya ibu sehat” saja kok, kalo mau tahu masalah gangguannya datang saja lagi pas mens,” jawab mereka. Hell NO! Berada disana saja sudah berada di neraka alias disiksa. 

Pas aku tanya kakakku, dengan gampangnya dia bilang,” CUMA 1 nik tips nya .. “
“Apahhh ?,”
” OLAHRAGA!,”

Yupzz!! Semenjak Olahraga lagi, aku tidak lagi merasa kasus kebocoran yang parah, perut kram, mules” dan rasa sakit gak karoan yg bikin guling”, volume darah yang kukeluarkan bahkan menjadi lebih sedikit, dan frekuensi haidku menjadi teratur, biasanya dulu” pas gak pernah olahraga gak sampe 2 minggu setelah haid, haid lagi, sekarang paling” cuma telat 1-2 hari semenjak aku olahraga lagi alias nge-gym.

I FEEL HAPPY SO MUCHH!!!! *confetti bertaburan 
Finally ….. Alhamdulillah ya Rabb ~ <3 

Tidur sambil megang botol air panas, minum ramuan kunyit asem, pake balsem buat di area di sekitar perut,
Alhamdulillah aku sudah jarang melakukan hal tsb karena gejala haid ku sudah membaik.
Makan cokelat juga bisa mengurangi depresi karena rasa sakit pas haid tapi jangan kebanyakan yah salah” jadi kentutan atau penggendutan.
Kalo masalah anemia aku antisipasi dengan minum pil besi, kalau ke apotek kimia farma sih bilangnya minta Fe. Dulu sih aku cocok sama sakatonik liver tapi karena kandungan alkoholnya melebihi batas kandungan alkohol yang ditetapkan mui ya otomatis aku tinggalkan karena takutnya haram, dan papaku pasti kekeuh marah” pas aku tanya informasi tentang hukum halal-haram tentang kandungan alkohol di obat, dia bilang yang haram itu ‘khamar’ bukan ‘alkohol’ 
” Jangan maen” hukum sama dokter kalo buat kandungan alkohol di obat! Tanpa alkohol bukan berarti membuat obat itu menjadi lebih baik justru malah berakibat lebih membahayakan! contoh  : @#(*@#(&# (*dan bahasa kedokteran lainnya untuk istilah obat yg tak kumengerti @[email protected]),” kata papa ku. Tapi mamaku bilang sudah sebaiknya jauhi saja cari alternatif lain dan alternatif lain yg aku beli si Fe atau pil sangobion.
Untuk masalah Pusing, aku selalu mengalaminya karena gejala anemia, biasanya obat yang cocok di aku Panadol yang Merah. Cukup 1 sehari pas lagi pusing-pusingnya, lalu tidur, habis bangun sudah segar and siap mau beraktivitas, biasanya aku minum ini pas hari 1-2.

source : www.huffingtonpost.co.uk
Well untuk teman-teman yang mengalami kasus yang mirip atau gejala yang sama denganku,
SEMANGAT! You can transform your self become better!
Gak usah jauh” kalo yang males olahraga/ nge-gym karena rumahnya jauh dari tempat gym tsb kan bisa download video” work out yang ringan” kayak cardio work out atau sejenisnya dan tinggal latihan sendiri di kamar. It’s work well on me kalo pas lagi sibuk gak bisa nge gym ketimbang sama sekali gak olahraga.
 I hope this post can help you to solve your periods problem.
Thankyou for readings
Barakallah ~ God Bless you
xoxo

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...