Health

Mukjizat suhu tubuh

Tahu ga kalo suhu tubuh kamu turun 1 derajat celcius, berarti daya tahan tubuh kamu turun sebesar 30 %, nah kalo  suhu tubuh kamu naik 1 derajat celcius, daya tahan tubuh kamu naik hingga sebesar 500-600 %. So .. gue harus bilang ‘wow’ getoo ?? Iya doong .. karena ini merupakan suatu mukjizat yang ada di dalam tubuh manusia itu sendiri. Akhir-akhir ini aku membaca buku mukjizat suhu tubuh dari masashi saito. Buku yang sangat bagus dan *yang punya duit wajib dibeli bagi yang ingin sehat. Di buku ini, banyak sekali pertanyaanku terjawab mengenai  kondisi tubuhku ini yang sangat bikin aku bingung *apalagi sekarang di tempatku lagi musim dingin gara kena imbasnya musim dingin di australia.
Dulu aku kira jika suhu tubuh rendah sekitar 35 derajat celcius, itu adalah suhu tubuh orang sehat, ternyata no no no!! That’s a big mistake!! Suhu tubuh orang sehat untuk daerah subtropis alias 4 musim sekisar 37 derajat celcius. Namun untuk suhu tubuh sehat daerah tropis sekisar 36,5. Semakin tinggi suhu tubuh seseorang, ini berarti menandakan aliran darah semakin lancar. Lalu pas aku ambil termometer and nyuba nge-cek suhu badanku, ternyata 35,5 derajat celcius. Pantas saja aku merasa kurang sehat, seperti lemas, kedinginan, dan kasus ujung tangan dan kaki sering dingin ?
Udah tiap  hari aku alami kasus ini, ini disebabkan oleh jumlah otot wanita yang 5% lebih sedikit ketimbang pria (penyebab mengapa wanita lebih gampang kedinginan ketimbang pria) dan sebuah alert SOS alias minta pertolongan dari tubuh karena kondisi tubuhku sedang tidak sehat alias rentan terkena penyakit. Suhu tubuh rendah itu biangnya penyakit, dan anything yang naudzubillah.
Nah.. lantas penyebab suhu tubuh rendah itu apa ??
Jawabannya adalah….
…..
JENG JENG!!
STRESS!! Entah itu stress karena orang tua, stress karena kuliah, stress karena kerja, stress gak punya kerjaan, stress pingin punya ini-itu tapi gak tercapai, pokok e stress .karena etc etc etc … dan kurang olahragaa… ~

Lalu gimana caranya untuk menaikkan suhu tubuh ??

sumber

Caranya dengan :

  1. mandi air panas *kalo yg gak punya pemanas bisa di rebus dulu di panci.
  2. senam peregangan
  3. minum air hangat 
  4. olahraga

Suhu tubuh terendah manusia itu di saat pagi hari, yaitu sekisar 35-36. Makanya pada saat ini sangat di anjurkan setelah bangun untuk menaikkan suhu tubuh selama 30 menit.

Kalo aku sih pas habis sahur, buat nurunin makanan yang nge-dedek di perut, aku langsung olahraga aerobik selama 20 menit, sisanya senam peregangan, ini manjur banget buat kesehatanku. Aku merasa badanku jauh lebih segar dan sehat setelah olahraga aerobik ini. Kalo bagi yang gak mungkin keluar ke lapangan buat olga, sekarang kan udah ada youtube, tinggal download senam aerobik disana, lalu tinggal latihan di depan kompi kayak aku ini, so gak ada alasan lagi bilang ‘No’ buat olahraga ya toohh..*kecuali emang dasarny ga niad.

Nambahin otot = Suhu tubuh tinggi

sumber

Pasti tiap orang dalam dunia pergaulan atau sosialisasi pernah ngerasain hal ini :
Kok dia yang makannya banyak gak gemuk” sih ?? gue yang makannya dikit ceepeet banget gemuk”.
Ini karena disebapkan metabolime basal si kurus itu lebih besar dan suhu tubuhnya lebih tinggi ketimbang si gemuk, orang yang suhu tubuhnya tinggi lebih besar metabolisme basalnya. *aku perna ngalami ini pas dulu zaman ambil 2 kuliah, mau sebanyak apapun aku makan, aku gak gemuk”, yang ada tambah kurus. (gak kayak sekarang)
Untuk nambahin metabolisme basal caranya dengan nambahin otot (olahraga anaerobik) seperti latihan angkat barbel, karate, yang berat-berat dan yang mengendalikan nafas.
*makanya klo aq habis nge-gym/karate, aku langsung loncat girang” pas liat pipiku bersemu merah dan pas ngecek termometer suhu tubuhku naik menjadi 36,7 derajat celcius. Asikk asikk!!!

Wanita Kesepian akan menjadi Gemuk — Haruhiko Uematsu

sumber

‘makan’ dan ‘gitu2’ merupakan perilaku yang memiliki banyak kesamaan, wanita yang gak perna punya hubungan batin dengan lawan jenis, cenderung mencari pelarian ke makanan buat menghapus perasaan kesepiannya. Emang sih pembawaan tiap orang itu berbeda, gak semua orang juga melarikan perasaan kesepian itu ke makanan, ada yang malah gak punya nafsu makan.
*ngaca ke diri sendiri pas jaman sma aku jadi kuruuss banget setelah putus (gak niad makan, gak niad olga), kebalikannya sekarang meski mau jomblo kek mau engga kek maem aja sama olahraga yang penting tubuh sehat :p. *liad timbangan gak turun-turun TT__TT

Insomnia ?

Ingin tidur nyenyak ? mandi air panas sebelum bobok, kalo badan  dalam kondisi hangat, tidur jadi lebih nyenyak dan makan sebelum 4 jam menuju tidur.

–Ingat saja, suhu tubuh tinggi itu sumbernya kesehatan, suhu tubuh rendah sumbernya penyakit —

Sekian informasi yang kusampaikan.
Semoga bermanfaat 😀
Makasih yang udah baca blog aku 😀
Barakallah alias May God bless you yaa ^^
xoxo

 

16 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *