Art,  DKV

DKV di New Media Bali


Kuliah di New Media College jurusan Desain Visual Komunikasi benar-benar suatu perencanaan yang sudah matang bagiku. Aku sudah mendaftar di pendaftaran pertama, dapat beasiswa, dan dengan seharga 4 juta voilaa .. aku menjadi mahasiswa New Media jurusan DKV. Saat itu aku merasa amat bahagia bisa menjadi calon desainer, sekaligus kampus ini sudah menjadi mimpiku saat aku masih berumur 15 tahun.
Letaknya juga sangaat dekat dengan rumahku. 
Tapi hidup itu tidak berjalan sesuai yang kita inginkan. 

My Dad menyuruhku untuk ikut tes di Universitas Udayana Fakultas Sastra, bagi dia sekolah di Universitas Negeri itu lebih menjanjikan financial & kemapanan pekerjaan ketimbang kuliah di univ Swasta. Memang sih ada benarnya, saat itu aku sudah mengikuti tes SPMB, PMDK, Tes Gelombang Extensi 1 dan jurusan yg kupilih itu S1 Sastra Inggris.Hasilnya selalu NIHIL. Aku gak keterima. TT__TT

Lalu di saat perjuangan terakhir di  Tes Gelombang Extensi 2, pilihan pertama aku : S1 Sastra Inggris. 
pilihan ke 2 : D3 Bahasa Inggris. Aku sudah pesimis dan beramsusi aku gak bakal keterima di Unud.
Dan ternyata temanku sms aku, bilang aku keterima di Unud. Pendaftaran terakhir 2 hari lagi di Bukit. 
Aku sangat lega hasil kerja kerasku, uang orang tua, semua sudah terbayar saat aku keterima disini.
Namun, hati kecilku bertanya : Gimana nasibku nanti ya jalani kuliah 2 ?
Ah tenang saja lah! Biarlah terjadi terjadilah ..
Kuliah di Unud itu sangat santai. Pelajarannya santai, dosennya ada bermacam-macam ( ada yg killer and ada yang baik ). Namun saat kuliah disini aku menjadi perokok pasif TT__TT.
Kuliah di New media itu sebaliknya, disini aku merasa harus meng-UP dan PUSH my personality and heart. Kuliah Desain itu berat, belum lagi tugasnya yang ngejibun.
Apalagi, saat aku bertemu mata kuliah : NIRMANA
Nirmana itu dasarnya anak desain. Without NIRMANA, we are nothing!
Pertama-tama saat aku mengerjakan tugas-tugas nirmana ini aku hampir nangez-nangez kayak orang gila saking stressnya karena aku hanya mempunyai waktu sehari dalam mengerjakannya, dimana teman-temanku punya waktu seminggu untuk mengerjakan. 
Belum lagi saat itu aku memakai cat kutukan alias cat poster merek Astro. Itu adalah cat kutukan untuk mahasiswa desain. Bener-bener bikin aku nightmare and stressss!!! gimana ga stress pagi ampe siang aku kuliah di sastra, sore sampe malam aku kuliah desain. Naseb dah! jalanin aja soalnya aku harus bertanggung-jawab atas uang ortu ku yang sudah dikeluarkan untuk kuliah desain ini, dan itu gak murah!
Kuliah 2 tu emang gak gampang alias bener-bener bikin aku kelimbungan alias sering gak punya waktu untuk ngerjain tugas, padahal jadi anak DKV itu yang terkenal adalah TUGAS.
Tugas-tugas Nirmana dikerjakan di drawing sketch A4. Boleh dikerjakan dengan tinta cina, cat poster merek Sakura, atau drawing pen. 
Dikerjakan harus bener-bener rapi dan gak boleh keluar dari garis pembatas 2cm di masing-masing sudut. Kalo udah keluar aku bakal nebel-nebelin dah garis pembatasnya pake drawing pen.

You can see my Nirmana result at here 😀

Lalu aku bertemu dengan pelajaran Pengantar DKV.
Pertama-tama saat ngelihat Dosen yang ngajar ini horor bangeet!! Kram perutku dibuatnya saben pelajarannya dari minggu pertama sampai minggu keempat. Tapi setelah minggu-minggu berikutnya.
Kita sudah mengenal dosen dengan baik dan sudah bisa beradaptasi dengannya, dan mulai lah TA untuk mata kuliah ini, yaitu bikin Desain promosi tentang sebuah perusahaan.

Kelompok ku mendapat tugas promosi perusahaan JAMSOSTEK.
Biasa, kita harus bagikan questioner kepada pelanggan Jamsostek, ke Jamsosteknya untuk observasi data untuk paper, dll. Saat mengerjakan tugas ini aku bener-bener stress, kerjaku marah-marah, linglung, udah kayak orang gila. Kerjaanku kemana-mana ke kampus sastra bawa laptop atau bawa buku gambar.

Dan ini dia hasil desain ku :

Ini ku kerjakan berdasarkan hasil observasi tentang pelanggan Jamsostek.
Konsepnya : Kekeluargaan.
Aku membuat Ilustrasi Poster lukisan tentang anak,ibu,dan ayah yang sedang bahagia dan merasa aman tenteram karena sudah dilindungi payung Jamsostek dari hujan yang melambangkan masalah dalam kehidupan.
Karyaku ini sangat disambut hangat oleh dosen-dosenku.
Aku merasa amat bahagia. Di hati ku seperti ada serbuk berwarna-warni yang terbang.
YES! Kerja keras ku terbayar! Aku dapat nilai A di mata kuliah ini.
Itulah yang kusuka dengan DKV.
Setiap karya harus mengandung konsep dan arti.
Tidak sekedar keindahan di mata saja.

Namun kehidupan kuliah ku berakhir hanya di semester 1 karena kondisi fisikku yang sudah tak memungkinkan lagi untuk kuliah 2 (aku sering demam, flu-batuk karena tidak pernah karate lagi, badanku mengurus karena kuliah 2 ini) dan keterbatasan materi untuk kuliah desain ini.
Kuliah desain itu tidak murah. Pada saat ini aku sangat mengharapkan aku bisa mendapat beasiswa, meskipun IP ku tidak seberapa. TT__TT

Yah itulah ceritanya.
Lalu kehidupanku kembali normal lagi.
Aku berharap suatu hari aku bisa kembali lagi belajar desain dan aku bisa membuka cabang bisnis baru untuk hidupku.
Well, that’s my plan after aku lulus dari Unud dan sudah mendapat pekerjaan and MONEY to continued my desire.

Allah .. I hope I can be successful and happy person in the world and heaven

Amin ya robbal ‘alamin.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...