Lipstick,  Review

Lipstick mengandung timbal

Hmmmm … liat di tv katanya bisa ngetes lipstick itu mengandung timbal dengan cara menggosok cincin emas, jadi kali ini aku akan men-test produk :
aubeau, wardah, sari ayu, just miss, ranee lip liner.
Hehe benarnya gue nyolong semua lipstick mak gue. Tapi gak papa lah kan cuma buat di test, bukan di pake. Cara ngetes lipstick itu mengandung timbal ato ga tu benernya gampang banget kok :
  1. Siapin cincin emas asli
  2. Lalu oleskan lipstick di punggung tangan.
  3. Gosok dengan cincin emas.
Jika lipstik berubah warna menjadi gelap maka bisa jadi lipstik itu mengandung timbal, meski kadarnya masih normal tetap saja jika dipake secara terus menerus bisa mengakibatkan bibir menjadi pucat, kering, pecah”, dan perih. Lalu mulailah aku menge-test mereka :
    1. Sari ayu
    1. Wardah 
    1. Aubeau
    1. Just miss
  1. Ranee

The result is :

See ?
Semua mengandung timbal.
Every lipstick I tried has turned into dark color.
*update 2017 :
Seiring berjalannya waktu aku mencari informasi tentang timbal alias si logam berat ini yang rata” menjadi bahan dasar kosmetik, ternyata gak lipstick aja yang mengandung timbal, pas kucoba untuk menggosok skincareku yang lain seperti cream, bedak, dll.. mereka mengandung juga *meski dalam kandungan batas yang wajar. Well .. bagi kita yang sudah dewasa alias sudah berhenti bertumbuh tentunya tidak berbahaya namun berbahaya bagi anak kecil *jadi sebaiknya kalo ada anak kecil jauhkan lipstick kita dari mereka. Cara menyikapinya juga tidak memakainya sering-sering, atau pun karena kondisi yang harus mewajibkan kita untuk tampil dan harus memakainya, sesudahnya lipstick harus benar” dibersihkan dari bibir kita, solusinya adalah merawat si bibir dengan rajin mengscrub bibir (bisa dengan menyikat bibir dengan sikat gigi secara lembut, atau membuat lip scrub dari gula dan madu), dan mencari merek brand kosmetik yang sudah aman memiliki sertifikat BPOM.
Namun perlu diperhatikan juga karena setelah aku research dengan menguji lipstick itu benar-benar mengandung timbal tidak semudah kita menge-ceknya hanya dengan menggosok cincin emas di olesan lipstick tsb *karena bekas hitam/gelap yang dihasilkan itu bukan berarti mengandung timbal melainkan hasil oksidasi dari silver yang ada di dalam emas yang tidak murni *alias gegara si cincin doang sih yahh siapa sih yg punya cincin emas 100% murni, pasti ada campuran silver di dalamnya.
So bagi temen-temen yang ingin menguji cincin tsb mengandung timbal dengan menggosokkan dengan cincin emas, cara ini TIDAK AKURAT untuk mengetahui kosmetik tsb memang mengandung timbal atau tidak, kalo bener-bener ingin tahu mesti dibawa ke labotarium khusus dulu *seperti prodia, makanya kembali lagi kita harus pintar-pintar menjadi konsumen, yang jelas pilih merek yang aman saja yang sudah mengantongi sertifikat BPOM, jangan tertarik dengan lipstick-lipstick yang merek gaje aka abal-abal seperti lipstick mac yang hanya dijual 20rb saja.
Asli 
 
 
VS

Abal abal ~

 
Jika ada merek” gajebo, murah, belum terdaftar POM, leave it, mama ku pernah menjadi korban dan bibirnya menjadi gelap because saat usia mudanya dulu dia tergoda untuk membeli lipstick produk dr Chin* yang paling berbahaya mengandung pewarna tekstil atau bisa disebut Rhodamine, which mean this is the ingredient to make ur lips become darker or black alias rusak.
Namun harap diperhatikan juga, jangan salahkan lipstick alias timbal sebagai penyebab bibir menghitam, bibir menghitam juga bisa disebabkan oleh genetis alias turunan, rokok, terkena sinar uv (makanya di anjurkan untuk memakai produk bibir yang mengandung spf karena kulit bibir sama saja seperti kulit kita, bisa menghitam).
Oke sekian informasi dariku.
Thankyou for reading 🙂
Semoga bermanfaat.
xoxo
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...